Kamis, 22 Januari 2009

kaSus IT yaNg meNarik

Aturan Studi Kasus Jaringan Komputer

Studi Kasus Jaringan Komputer ini ditujukan secara khusus ditujukan untuk para mahasiswa teknik informatika ITS yang sedang menempuh praktikum Jaringan Komputer dan secara umum bagi siapapun yang ingin mengetahui beberapa contoh kasus jaringan komputer yang dihadapi oleh para administrator jaringan setiap hari.

Perhatian : Sebelum anda mengerjakan apapun dari kasus-kasus tersebut, buatlah sebuah Local Area Network dengan satu gateway menggunakan NetAnimator, kemudian presentasikanlah bagaimana komputer-komputer yang anda simulasikan itu bisa saling berhubungan dengan menggunakan IP, jelaskan bagaimana bisa bertukar data.

Target Materi : ip (subnetting, VLSM, CIDR), routing static + dynamic, packet header (intro), network application (specific), socket programming (specific).

Dalam kasus-kasus tersebut, praktikan akan disebut sebagai network analyst, konsultan IT, kontraktor IT, dsb.
Bila ada hal-hal yang diperlukan tapi tidak tercakup dalam pemaparan kasus harap diasumsikan sendiri.

Alat dan Bahan : UML (user-mode linux), NetAnimator, …dll (keterangan lebih lanjut hubungi google.com dan asisten praktikum)

Saran : Gunakan NetAnimator untuk belajar menyusun topologi jaringan, pengiriman paket jaringan dan cara kerja router. NetAnimator adalah aplikasi menggunakan flash player, cukup nyaman koq
Gunakan subnetting se-efisien mungkin (jangan lupa VLSM dan CIDRnya ya), untuk kasus dynamic routing mungkin bisa diawali dengan static routing dulu, kasus-kasus ini memungkinkan multiple intepretation, jadi artikan se-simple mungkin sehingga anda bisa menerapkannya dengan strategi terbaik. Opmtimum perfomance on minimum cost…
Setting-setting aplikasi jaringan (web server, mail server, dll) usahakan juga se-simple mungkin, yang ditekankan adalah praktikan mengerti konsep masing-masing protokol yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi tersebut dan sebagian besar fitur-fitur aplikasi tersebut.
Pada setiap UMLhost pastikan kalau ssh nyala agar memudahkan setting dan testing.

0 komentar: