Selasa, 09 Desember 2008

Istilah Populer IT

1. Freeware
Freeware adalah software gratis yang dapat di download sesuka anda tanpa membayar.

2. CAM(Computer Aided Manufacturing)
Sebuah produk di selesaikan kedalam satu kumpulan instruksi yang dapat ditramisikan dan digunakan oleh mesin-mesin khusus untuk industri.

3. Bridge
Bridge adalah peranti yang meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan informasi pada lapisan data link.

4. Gateway
Istilah Gateway merujuk kepada hardware atau software yang menjembati dua aplikasi atau jaringan yang tidak compatible, sehingga dapat ditrasfer antar computer yang berbeda-beda. Salah satu contoh pengguna gateway adalah pada email, sehingga pertukaran email dapat dilakukan system yang berbeda.

5. Modem
Sebuah singkatan yang berarti modulator-demodulator. Namanya ini disesuaikan dengan fungsinya sebagai modulator. Dalam kerjanya, modem melakukan proses modulasi dan demodulasi terhadap data yang dipancarkan. Modem menerima rangkaian pulsa biner dari periferal computer, kemudian memodulasi karakteristik sinyal analog (level tegangan, frekuensi atau fasa) agar dapat disalurkan melalui saluran telepon atau cable lines. Sedangan pada sipenerima, sinyal yang ditumpangi ini oleh rangkaian demodulator dipisahkan kembali dari sinyal yang menumpanginya sehingga dapat dibaca oleh computer, proses ini dinamakan demodulasi

6. Firewall
Banyak digunakan untuk menjaga pengguna Internet yang tidak berhak mengakses jaringan privat yang terhubun internet, khususnya intranet.

7. Full-Duplex
Full-Duplex adalah transmisi data dua arah secara simultan.
Contohnya: telepon adalah piranti full-duplex karena baik yang ditelepon dan yang menelepon dalam berbicara pada waktu yang sama. Sebaliknya, walkie-talkie adalah berbicara dalam satu waktu. Sebagian besar modem mempunyai switch untuk berpindah dari mode full-duplex dan sebaliknya. Pilihan ini tergantung pada program komunikasi yang sedang digunakan.

8. Spam
Spam adalah pesan yang dikirim kebanyak tujuan dengan isi yang sama dan dikirim ke orang lain yang tidak ingin menerimanya dengan kata lain orang yang dikirim spam tidak tahu siapakah pengirim pesan tersebut dan tidak merasa menginginkan berita tersebut ataupun tidak merasa meminta informasi yang ada didalam berita itu.

9. Intranet
Sebuah jaringan privat dengan system dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secara internal.

10. Trojan Horse
Penggunaan istilah Trojan horse dimaksudkan untuk menyusupkan kode-kode mencurigakan dan merusak di dalam sebuah program baik-baik yang berguna, seperti halnya dalam perang Troya, para prajurit Yunani bersembunyi didalam kuda Troya yang ditunjukan sebagai pengabdian kepada Poseidon.

11. CD-I
Sebuah hardware dan software dalam bentuk CD yang dapat dikombinasikan audio, video dan teks pada CD berkapasitas tinggi.

12. Motherboard
Komponen terbesar didalam PC. Disebut mother karena papan ini menjadi tempat seluruh komponen PC seperti prosesor, memory utama, rangkaian pendukung dan vut controller

13. CAD (Computer Aided Design)
Program-program yang digunakan dalam perancangan perekaan, arkitektur dan model-model ilmiah mulai dari alat-alat sederhana sampai gedung, kapal terbang dan lain-lain.

14. Downstream
Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari computer lain ke computer local melalui sebuah network, istilah ini kebalikan dari Upstream

15. Extranet
Jaringan computer yang digunakan oleh peruahaan dalam rangka menyediakan informasi nonpublic kepada pihak-pihak tertentu, seperti rekan bisnis atau konsumen.

0 komentar: